1. | Small Group Discussion | Membentuk Kelompok (5-10)Memilih Bahan DiskusiMempresentasikan Paper Dan Mendiskusikan Di Kelas | Membuat Rancangan Bahan Diskusi Dan Aturan DiskusiMenjadi Moderator Dan Sekaligus Mengulas Pada Setiap Akhir Sesi Diskusi Mahasiswa |
2. | Simulasi | Mempelajari Dan Menjalankan Suatu Peran Yang Ditugaskan Kepadanya Atau Mempraktekkan/Mencoba Berbagai Model (Komputer) Yang Telah Disiapkan. | Merancang Situasi/ Kegiatan Yang Sesungguhnya, Bisa Berupa Bermain Peran, Model Komputer, Atau Berbagai Latihan Simulasi.Membahas Kinerja Mahasiswa. |
3. | DiscoveryLearning | Mencari, Mengumpulkan, Dan Menyusun Informasi Yang Ada Untuk Mendeskripsikan Suatu Pengetahuan. | Menyediakan Data, Atau Petunjuk (Metode) Untuk Menelusuri Suatu Pengetahuan Yang Harus Dipelajari Oleh Mahasiswa.Memeriksa Dan Memberi Ulasan Terhadap Hasil Belajar Mandiri Mahasiswa. |
4. | Self‐DirectedLearning | Merencanakan Kegiatan Belajar, Melaksanakan, Dan Menilai Pengalaman Belajarnya Sendiri. | Sebagai Fasilitator. Memberi Arahan, Bimbingan, dan Konfirmasi Terhadap Kemajuan Belajar Yang Telah Dilakukan Individu Mahasiswa. |
5. | CooperativeLearning | Membahas Dan MenyimpulkanMasalah/ Tugas Yang Diberikan Dosen Secara Berkelompok. | Merancang Dan Dimonitor Proses Belajar Dan Hasil Belajar Kelompok Mahasiswa.Menyiapkan Suatu Masalah/Kasus Atau Bentuk Tugas Untuk Diselesaikan Oleh Mahasiswa Secara Berkelompok. |
6. | CollaborativeLearning | Bekerja Sama Dengan Anggota Kelompoknya Dalam Mengerjakan TugasMembuat Rancangan Proses Dan Bentuk Penilaian Berdasarkan Konsensus KelompoknyaSendiri. | Merancang Tugas Yang Bersifat Open Ended.Sebagai Fasilitator Dan Motivator. |
7. | ContextualInstruction | Membahas Konsep (Teori) Kaitannya Dengan Situasi NyataMelakukan Studi Lapang/ Terjun Di Dunia Nyata Untuk Mempelajari Kesesuaian Teori. | Menjelaskan Bahan Kajian Yang Bersifat Teori Dan Mengkaitkannya Dengan Situasi Nyata Dalam Kehidupan Sehari‐Hari, Atau Kerja Profesional, Atau Manajerial, Atau Entrepreneurial.Menyusun Tugas Untuk Studi Mahasiswa Terjun Ke Lapangan |
8. | Project BasedLearning | Mengerjakan Tugas (Berupa Proyek) Yang Telah Dirancang Secara Sistematis.Menunjukan Kinerja Dan MempertanggungJawabkan Hasil Kerjanya Di Forum. | Merancang Suatu Tugas (Proyek) Yang Sistematik Agar Mahasiswa Belajar Pengetahuan Dan Ketrampilan Melalui Proses Pencarian/ Penggalian (Inquiry), Yang Terstruktur Dan Kompleks.Merumuskan Dan Melakukan Proses Pembimbingan Dan Asesmen |
9. | ProblemBasedLearning | Belajar Dengan Menggali/ Mencari Informasi (Inquiry) Serta Memanfaatkan Informasi Tersebut Untuk Memecahkan Masalah Faktual/ Yang Dirancang Oleh dosen . | Merancang Tugas Untuk Mencapai Kompetensi TertentuMembuat Petunjuk (Metode) Untuk Mahasiswa Dalam Mencari Pemecahan Masalah Yang Dipilih Oleh Mahasiswa Sendiri Atau Yang Ditetapkan. |