Proses Pembelajaran

NoModel BelajarAktivitas Belajar MahasiswaAktivitas Dosen
 1.Small Group DiscussionMembentuk Kelompok (5-10)Memilih Bahan DiskusiMempresentasikan Paper Dan Mendiskusikan Di KelasMembuat Rancangan Bahan Diskusi Dan Aturan DiskusiMenjadi Moderator Dan Sekaligus Mengulas Pada Setiap Akhir Sesi Diskusi Mahasiswa
2.SimulasiMempelajari Dan Menjalankan Suatu Peran Yang Ditugaskan Kepadanya Atau Mempraktekkan/Mencoba Berbagai Model (Komputer) Yang Telah Disiapkan.Merancang Situasi/ Kegiatan Yang Sesungguhnya, Bisa Berupa Bermain Peran, Model Komputer, Atau Berbagai Latihan Simulasi.Membahas Kinerja Mahasiswa.
3.DiscoveryLearning Mencari, Mengumpulkan, Dan Menyusun Informasi Yang Ada Untuk Mendeskripsikan Suatu Pengetahuan. Menyediakan Data, Atau Petunjuk (Metode) Untuk Menelusuri Suatu Pengetahuan Yang Harus Dipelajari Oleh Mahasiswa.Memeriksa Dan Memberi Ulasan Terhadap Hasil Belajar Mandiri Mahasiswa.
4.Self‐DirectedLearning Merencanakan Kegiatan Belajar, Melaksanakan, Dan Menilai Pengalaman Belajarnya Sendiri. Sebagai Fasilitator. Memberi Arahan, Bimbingan, dan Konfirmasi Terhadap Kemajuan Belajar Yang Telah Dilakukan Individu Mahasiswa.
5.CooperativeLearning Membahas Dan MenyimpulkanMasalah/ Tugas Yang Diberikan Dosen Secara  Berkelompok. Merancang Dan Dimonitor Proses Belajar Dan Hasil Belajar Kelompok Mahasiswa.Menyiapkan Suatu Masalah/Kasus Atau Bentuk Tugas Untuk Diselesaikan Oleh Mahasiswa Secara Berkelompok.
6.CollaborativeLearning Bekerja Sama Dengan Anggota Kelompoknya Dalam Mengerjakan TugasMembuat Rancangan Proses Dan Bentuk Penilaian Berdasarkan Konsensus KelompoknyaSendiri.  Merancang Tugas Yang Bersifat Open Ended.Sebagai Fasilitator Dan Motivator.
7.ContextualInstruction Membahas Konsep (Teori) Kaitannya Dengan Situasi NyataMelakukan Studi Lapang/ Terjun Di Dunia Nyata Untuk Mempelajari Kesesuaian Teori. Menjelaskan Bahan Kajian Yang Bersifat Teori Dan Mengkaitkannya Dengan Situasi Nyata Dalam Kehidupan Sehari‐Hari, Atau Kerja Profesional, Atau Manajerial, Atau Entrepreneurial.Menyusun Tugas Untuk Studi Mahasiswa Terjun Ke Lapangan
8.Project BasedLearning Mengerjakan Tugas (Berupa Proyek) Yang Telah Dirancang Secara Sistematis.Menunjukan Kinerja Dan MempertanggungJawabkan Hasil Kerjanya Di Forum. Merancang Suatu Tugas (Proyek) Yang Sistematik Agar Mahasiswa Belajar Pengetahuan Dan Ketrampilan Melalui Proses Pencarian/ Penggalian (Inquiry), Yang Terstruktur Dan Kompleks.Merumuskan Dan Melakukan Proses Pembimbingan Dan Asesmen
9.ProblemBasedLearning Belajar Dengan Menggali/ Mencari Informasi (Inquiry) Serta Memanfaatkan Informasi Tersebut Untuk Memecahkan Masalah Faktual/ Yang Dirancang Oleh dosen .  Merancang Tugas Untuk Mencapai Kompetensi TertentuMembuat Petunjuk (Metode) Untuk Mahasiswa Dalam Mencari Pemecahan Masalah Yang Dipilih Oleh Mahasiswa Sendiri Atau Yang Ditetapkan.