Proses Pembelajaran


 

No

Model Belajar

Aktivitas Belajar Mahasiswa

Aktivitas Dosen

  1.  

Small Group Discussion

  1. Membentuk Kelompok (5-10)
  2. Memilih Bahan Diskusi
  3. Mempresentasikan Paper Dan Mendiskusikan Di Kelas

Membuat Rancangan Bahan Diskusi Dan Aturan Diskusi

Menjadi Moderator Dan Sekaligus Mengulas Pada Setiap Akhir Sesi Diskusi Mahasiswa

2.

Simulasi

Mempelajari Dan Menjalankan Suatu Peran Yang Ditugaskan Kepadanya Atau Mempraktekkan/Mencoba Berbagai Model (Komputer) Yang Telah Disiapkan.

  1. Merancang Situasi/ Kegiatan Yang Sesungguhnya, Bisa Berupa Bermain Peran, Model Komputer, Atau Berbagai Latihan Simulasi.
  2. Membahas Kinerja Mahasiswa.

3.

Discovery

Learning

 

Mencari, Mengumpulkan, Dan Menyusun Informasi Yang Ada Untuk Mendeskripsikan Suatu Pengetahuan.

 

  1. Menyediakan Data, Atau Petunjuk (Metode) Untuk Menelusuri Suatu Pengetahuan Yang Harus Dipelajari Oleh Mahasiswa.
  2. Memeriksa Dan Memberi Ulasan Terhadap Hasil Belajar Mandiri Mahasiswa.

4.

Self‐Directed

Learning

 

Merencanakan Kegiatan Belajar, Melaksanakan, Dan Menilai Pengalaman Belajarnya Sendiri.

 

Sebagai Fasilitator. Memberi Arahan, Bimbingan, dan Konfirmasi Terhadap Kemajuan Belajar Yang Telah Dilakukan Individu Mahasiswa.

5.

Cooperative

Learning

 

Membahas Dan Menyimpulkan

Masalah/ Tugas Yang Diberikan Dosen Secara  Berkelompok.

 

  1. Merancang Dan Dimonitor Proses Belajar Dan Hasil Belajar Kelompok Mahasiswa.
  2. Menyiapkan Suatu Masalah/Kasus Atau Bentuk Tugas Untuk Diselesaikan Oleh Mahasiswa Secara Berkelompok.

6.

Collaborative

Learning

 

  1. Bekerja Sama Dengan Anggota Kelompoknya Dalam Mengerjakan Tugas
  2. Membuat Rancangan Proses Dan Bentuk Penilaian Berdasarkan Konsensus KelompoknyaSendiri.

 

 

  1. Merancang Tugas Yang Bersifat Open Ended.
  2. Sebagai Fasilitator Dan Motivator.

7.

Contextual

Instruction

 

  1. Membahas Konsep (Teori) Kaitannya Dengan Situasi Nyata
  2. Melakukan Studi Lapang/ Terjun Di Dunia Nyata Untuk Mempelajari Kesesuaian Teori.

 

  1. Menjelaskan Bahan Kajian Yang Bersifat Teori Dan Mengkaitkannya Dengan Situasi Nyata Dalam Kehidupan Sehari‐Hari, Atau Kerja Profesional, Atau Manajerial, Atau Entrepreneurial.
  2. Menyusun Tugas Untuk Studi Mahasiswa Terjun Ke Lapangan

8.

Project Based

Learning

 

  1. Mengerjakan Tugas (Berupa Proyek) Yang Telah Dirancang Secara Sistematis.
  2. Menunjukan Kinerja Dan MempertanggungJawabkan Hasil Kerjanya Di Forum.

 

  1. Merancang Suatu Tugas (Proyek) Yang Sistematik Agar Mahasiswa Belajar Pengetahuan Dan Ketrampilan Melalui Proses Pencarian/ Penggalian (Inquiry), Yang Terstruktur Dan Kompleks.
  2. Merumuskan Dan Melakukan Proses Pembimbingan Dan Asesmen

9.

Problem

Based

Learning

 

Belajar Dengan Menggali/ Mencari Informasi (Inquiry) Serta Memanfaatkan Informasi Tersebut Untuk Memecahkan Masalah Faktual/ Yang Dirancang Oleh dosen .

 

 

  1. Merancang Tugas Untuk Mencapai Kompetensi Tertentu
  2. Membuat Petunjuk (Metode) Untuk Mahasiswa Dalam Mencari Pemecahan Masalah Yang Dipilih Oleh Mahasiswa Sendiri Atau Yang Ditetapkan.

Kalender

Contact Us

  • STAI Raudhatul Akmal
  • Jln. Nusa Indah Gg. Melati No. 66 Desa Tanjung Sari Kec. Batang Kuis Kab. Deli Serdang - Prov. Sumatera Utara
  • info@staira.ac.id